Aksiamal.com - Platform Donasi Online - Puluhan Santri Memasuki Hutan untuk Mendapatkan Air Bersih

Agar Pahala terus Mengalir, Mari Sedekah Air

Puluhan Santri Memasuki Hutan untuk Mendapatkan Air Bersih

Miris, Berjalan Jauh Memasuki Hutan Demi Gunakan Air Keruh

Lokasi Donasi Banten

Sampai dengan 22 May 2024



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Agar Pahala terus Mengalir, Mari Sedekah Air

Deskripsi Program

“ Hanya sumber air ini yang kami miliki, air ini hanya resapan waktu musim hujan,kadang keruh dan terasa gatal dikulit, kalau dimusim kemarau sumber ini mengering dan kami harus berjalan menuju sumber air milik warga yang jaraknya lebih dari 1 KM”, ungkap pengurus pondok.

Kendala Air bersih yang hingga saat ini masih sangat dirasakan oleh 30 anak santri Ponpes Darul Falah Cikara, Kp. Umbul 1 RT/ RW 02/ 02, Ds. Manglid, Kec. Cibitung, Kab. Pandeglang, Banten. Meskipun pesantren mereka sudah 28 tahun berdiri namun fasilitas air bersih dan MCK belum pernah mereka miliki, karena keterbatasan akan biaya untuk pengeboran dan pembangunan membuat para santri harus tetap bersabar.

Jarak tempuh yang jauh serta harus melewati hutan membuat para santri sering dihantui perasaan khawatir. Apalagi dikala sore menjelang malam, keadaan gelap dan jalan nya banyak semak-semak, membuat mereka tidak tenang, takut ada binatang sejenis ular menyerang mereka.

Selain sulitnya mendapatkan air bersih, mereka juga harus merasakan ketidaknyamanan ketika mereka beristirahat atau tidur, bangunan panggung berdinding bilik bambu ini sangat terlihat kondisinya yang sudah tidak layak.

Sebagian material bangunan sudah terlihat lapuk bahkan Sebagian dinding bangunan banyak yang jebol sehingga tidak bisa ditempati, “kalau kobong begini adanya, bahkan dari 3 kamar hanya 2 kamar yang bisa ditempati, sedangkan satu kamar jebol karena rapuh, dan terpaksa kami harus tinggal berdesakan”.

30 Santri yang bermukim adalah anak-anak dari kalangan yang kurang mampu, karena pondok ini dibebaskan biaya sehingga mereka mau untuk terus menuntut ilmu “sengaja kami mondok disini karena tidak dipungut iuran apapun, karena di pondok yang fasilitasnya lengkap harus berbayar dan orang tua kami tidak sanggup untuk biaya”

Para santri hanya bisa berharap adanya bantuan untuk memfasilitasi tempat mereka menimba ilmu, sedangkan berharap kepada pemilik sangatlah tidak mungkin mengingat masih jauh dari kemampuan, sedangkan para santri menuntut ilmu di pesantren ini tanpa dibebani biaya.

Di Ramadan tahun ini #Kawanaksi sudah ada rencana kebaikan? Yuk, bersama #jadidermaWAN dengan hadirkan MCK layak dan sumber air bersih untuk 30 santri Ponpes Darul Falah Cikara dengan cara:
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukkan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, LinkAja, Virtual Account bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Ingatlah, setiap tindakan kecil dari kita dapat memberikan dampak yang besar bagi orang lain. Semoga Ramadan kali ini membawa kita lebih dekat kepada Allah dan lebih peduli terhadap orang di sekitar kita.

Disclaimer :
Fundraising ini merupakan bagian dari Program Bantuan infrastruktur. Kelebihan donasi yang terhimpun digunakan untuk membantu penggalangan donasi penerima manfaat lainnya.

Bantu sebarkan program ini dengan menjadi Fundraiser (penyebar amal baik)

atau Anda bisa membantu menyebarkan kebaikan

Sosial media terkait program